Lima Jenis Bunga Sakura Yang Populer di Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 02-04-2018

Ketika seseorang berbicara tentang bunga sakura di Jepang, banyak sekali yang berasumsi bahwa bunga sakura hanya mempunyai satu varietas saja. Di Jepang bunga sakura mempunyai lebih dari 20 varietas. Dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan 5 dari 20 jenis bunga sakura yang populer di negara Jepang.

1. Somei Yoshino

Somei Yoshino adalah jenis bunga sakura yang umum di Jepang. Dan jenis bunga sakura itulah yang muncul dalam pikiran banyak orang saat mereka  mendengar kata “sakura”. Mekar sebelum tunas daun hijaunya muncul. Bunga sakura ini mempunyai lima kelopak bunga yang berwarna pink agak keputih-putihan. Nama Somei yoshino berasal dari nama pasar desa yang ada pada akhir Zaman Edo, dimana disebutkan bahwa bunga-bunga sakura inilah yang pertama kali dijual.

2. Yama Zakura

Yama Zakura atau sakura gunung memiliki bunga yang mirip dengan Somei yoshino, memiliki lima kelopak juga, tetapi warna pink pada bunga ini sangat halus dan tidak seperti Somei yoshino. Daun yama zakura muncul pada saat bersamaan dengan mekarnya bunga. Ini adalah salah satu spesies sakura tertua yang ada di Jepang.

 

3. Yae Zakura

Yae zakura atau bunga sakura ganda, sama seperti namanya sakura ini memiliki antara 10 hingga 50 kelopak per bunga, dan mempunya berbagai variasi warna, wulai dari warna putih murni hingga warna pink. Yae zakura juga dikenal dengan sebutan sato zakura, dan merupakan varian dari sakura Oshima, yang tumbuh hampir di seluruh semenanjung Izu.

 

4. Shidare Zakura

Shidare zakura adalah jenis bunga sakura dengan cabang- cabangnya yang menjuntai terkulai ke bawah seperti pohon willow. Ada dua jenis utama dari shidare zakura. Jenis pertama memiliki lima kelopak, yang mirip dengan somei yoshino. Jenis kedua adalah yang memiliki lebih dari lima kelopak, yang mirip dengan yae zakura. Shidare Zakura adalah varietas yang memiliki warna sangat variatif, dari warna pink pucat sampai warna pink terang. Bunga sakura ini merupakan ciri khas dari prefektur Kyoto.

 

5. Gyoiko

Gyoiko jika diterjemahkan memiliki arti “bunga sakura kuning”. Varietas sakura ini tersebar diseluruh wilayah Jepang. Tetapi banyak orang yang tidak bisa membedakannya dengan bunga sakura jenis lainnya karena warna kuning kehijauannya yang sangat halus. Terdapat lima hingga sepuluh lapis kelopak bunga pada setiap kuntumnya. Karena bentuknya yang sederhana, sebagian masyarakat Jepang percaya bahwa sakura inilah  yang paling mewakili karakter orang Jepang.

 

Bagaimana, tertarik untuk melihat keindahan bunga sakura ? Silahkan datang langsung ke Jepang dan nikmati serunya sensasi Hanami di Jepang.

Jika tertarik untuk mendaftar sekolah bahasa di Jepang, MIS dapat membantu segala prosedurnya. Silakan hubungi melalui website https://mislanguageschool.com atau datang langsung ke MIS.