7 Fakta Menarik Seputar Shiba Inu

Ditulis oleh: Administrator, 09-07-2018

Bagi para pencinta anjing berukuran sedang yang cerdas dan setia, Shiba Inu pasti memenuhi kriteria kalian. Bentuk tubuhnya yang sangat lucu dengan bulu yang lembut dan lebat, tatapannya tajam, dan bulu ekornya yang tebal seolah mengajak kalian terus bermain sepanjang hari. Mau tahu lebih banyak fakta seputar Shiba Inu? Yuk, baca 7 fakta menarik tentang mereka, ya.

 

1. Sangat populer

Kalian pernah menonton film Hachiko? Film yang bercerita tentang kehidupan si anjing ras Akita ini sangat mendunia (hingga semua orang yang ke Jepang maupun turis asing pasti mengunjungi patung Hachiko di Stasiun Shibuya untuk janjian), tapi ternyata anjing ras yang paling populer di Jepang adalah Shiba Inu. Tak hanya populer di Jepang, anjing ras yang satu ini juga jadi anjing populer peringkat 46 di Amerika Serikat. Padahal Shiba Inu baru tahun 1954 pertama kali menginjak dan mulai dikenal di benua Amerika, kemudian baru di tahun 1979 ada Shiba Inu pertama yang lahir di Amerika.

 

2. Berbeda dengan Akita

Ada banyak jenis anjing-anjing ras yang berasal dari Jepang, dua yang paling terkenal adalah Akita dan Shiba Inu. Ternyata di antara semua anjing asli Jepang, Shiba Inu adalah anjing dengan tubuh terkecil. Tingginya hanya sekitar 33-41 centimeter, dengan berat tubuh antara 7-11 kilogram. Lebih kecil dibanding Akita yang tingginya antara 60-71 centimeter dan beratnya 24-50an kilogram.

 

3. Selalu bersih

Enggak heran Shiba banyak penggemarnya, mungkin karena Shiba pintar dan terkenal mandiri. Dia bahkan bisa membersihkan tubuhnya sendiri seperti kucing, jadi enggak perlu terlalu sering dimandikan. Bulunya juga seperti antikotor, Shiba juga enggak pernah menginjak lumpur atau jalanan yang kotor. Dijamin bersih terus deh ya.

 

4. Suara melengking seperti manusia

Ketika Shiba Inu ketakutan, dia akan berteriak dengan suara melengking seperti manusia. Sebuah video di YouTube memberi kita contoh suara Shiba Inu saat ketakutan. Walaupun wanita di video ini hanya mencoba memotong kukunya, tapi Shiba Inu yang ketakutan itu terus berteriak tanpa henti.

 

5. Pemburu ulung

Salah satu anjing ras tertua di Jepang ini dikembangbiakkan untuk berburu burung, babi, dan bahkan beruang! Untunglah dia punya telinga berbentuk segitiga yang memberinya tampilan liar. Walau begitu, tenang saja, karena Shiba Inu adalah anjing yang setia dan penyayang kok. Tapi dia memang kurang ramah dengan orang asing. 

 

6. Pernah hampir punah

Selama masa Perang Dunia II, anjing ras asli Jepang ini pernah hampir punah karena mereka tidak dikembangbiakkan. Namun akhirnya populasi mereka bisa kembali banyak, terima kasih untuk silsilah keluarganya; San In Shiba, Mino Shiba, Shiba Shu Shiba.

 

7. Born to run

Mau teman lari pagi yang kuat? Shiba Inu jawabannya! Anjing ini terlahir untuk berlari, jadi sepertinya mustahil untuk mengejar Shiba Inu yang sedang kabur. Anjing ini juga terkenal paling mahir kabur, mulai dari lompat pagar sampai menggali tanah, dia jagonya. Shiba memang anjing yang enggak kenal takut! Dia juga cukup agresif dengan binatang lain, jadi sebaiknya para pemilik kucing atau kelinci jangan memelihara Shiba Inu ya. Tapi walau terdengar menyeramkan, Shiba Inu adalah anjing yang manis untuk pemiliknya. Dia bahkan bisa stres kalau terlalu lama ditinggal sendirian. Jadi kalau pemilik Shiba mau berpisah agak lama, sebaiknya luangkan quality time dulu dengannya ya.

Jika tertarik untuk mendaftar sekolah bahasa di Jepang, bekerjawisata, MIS dapat membantu segala prosedurnya. Silakan hubungi melalui website https://mislanguageschool.com atau datang langsung ke MIS.