Faktor penyebab Bankonka dan Mikonka di Jepang

Ditulis oleh: Administrator, 07-05-2018

Faktor penyebab Bankonka dan Mikonka di Jepang

            Terkait dengan tingginya kecenderungan untuk menunda pernikahan dan tidak menikah di Jepang, ada beberapa faktor yang memengaruhi hal tersebut. Faktor-faktor yang memengaruhi meningkatnya usia pernikahan dan jumlah masyarakat Jepang yang tidak ingin menikah adalah sebagai berikut:

1. Pria tidak memiliki waktu untuk menikah

Sebagian pria Jepang berpikir untuk menikah begitu sudah mapan. Namun, biaya hidup yang mahal membuat sebagian besar masyarakat di Jepang harus terus bekerja keras untuk mencukupi kehidupannya. Oleh karena itu, untuk menjadi mapan di Jepang merupakan hal yang sulit dan banyak pria yang terlalu fokus pada pekerjaannya yang akhirnya harus menunda dulu pernikahannya.

2. Bertambahnya wanita yang hidup mandiri

Banyak wanita di Jepang yang berpikir bahwa jika sudah dapat mandiri dari segi ekonomi, maka menunda pernikahan atau tidak menikah sama sekali pun bukanlah masalah besar. Zaman sekarang upah yang diterima oleh pegawai perempuan setara dengan pegawai laki-laki, terutama di kota-kota besar banyak wanita karir yang berkualitas dan dibayar tinggi oleh perusahaan. Dengan begini tak sedikit wanita yang berpikir untuk menunda pernikahan atau tidak menikah sama sekali karena sudah merasa bercukupan untuk membiayai diri sendiri.

3. Penilaian masyarakat yang terus berubah

Salah satu penyebab masyarakat Jepang cenderung untuk menunda pernikahan atau tidak menikah sama sekali adalah berubahnya nilai-nilai yang ada di masyarakatnya. Sebagai contoh, “Pernikahan bukanlah segalanya.” “Selagi masih muda, banyak hal yang harus dilakukan.” dan lain sebagainya mengenai nila-nilai yang menganggap bahwa pernikahan bukanlah hal yang penting. Ditambah lagi, tidak sedikit orang-orang yang memiliki hobi terkait dengan anime dan manga atau yang biasa dikenal dengan sebutan otaku lebih memilih untuk menikahi karakter dua dimensi atau 2D daripada menikah dengan orang di dunia nyata.

Sekilas mengenai faktor-faktor yang menjadi penyebab kecenderungan untuk menunda pernikahan dan keinginan untuk tidak menikah. Meskipun begitu, bukan berarti seluruh warga negara Jepang tidak ingin segera menikah atau tidak menikah sama sekali. Hanya saja, pernikahan bukanlah suatu permainan, melainkan sesuatu yang harus dijalani dengan serius.

Jika tertarik untuk mendaftar sekolah bahasa di Jepang, MIS dapat membantu segala prosedurnya. Silakan hubungi melalui website https://mislanguageschool.com atau datang langsung ke MIS.