Nenkoujoretsu (Sistem Gaji Berdasarkan Senioritas)

Ditulis oleh: Administrator, 01-05-2018

Di negara maju seperti Jepang, tentu saja banyak sekali macam manajemen yang selama ini diterapkan didalam perusahaan untuk mengatur pekerjanya. Bagi perusahaan Jepang, pekerja merupakan aset penting, sehingga tumbuhlah ikatan yang kuat antara perusahaan dan karyawan. Salah satu contoh sistem ketenagakerjaan di Jepang adalah sistem Nenkoujoretsu atau sistem pemberian upah berdasarkan umur pegawai.

Nenkoujoretsu adalah sistem senioritas untuk mengatur kenaikan posisi pekerja berdasarkan durasi waktu pekerja tersebut bekerja disebuah perusahaan. Sistem ini dapat menjadi motivasi agar karyawan suatu perusahaan menetap bekerja di perusahaan tersebut karena apabila karyawan tersebut keluar dan bekerja di perusahaan baru maka karyawan tersebut harus memulai dari awal lagi. Sehingga akan membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan promosi kenaikan jabatan ataupun kenaikan gaji.

Sebagian perusahaan Jepang mencari pekerja yang baru saja lulus dari perguruan tinggi karena dianggap sebagai sumber tenaga yang murah. Gaji pekerja reguler di Jepang akan bertambah seiringnya waktu dan lamanya karyawan tersebut mengabdi kepada perusahaan. Sistem Nenkoujoretsu inilah yang akan menentukan besaran gaji tersebut. Besar gaji yang diterima pekerja muda akan ditentukan berdasarkan umur dan latar belakang pendidikan seseorang.

Selayaknya dua sisi mata uang, sistem penggajian berdasarkan senioritas ini memiliki keuntungan dan kekurangan. Keuntungan sistem ini adalah memungkinkan para karyawan yang lebih tua untuk mencapai tingkat gaji yang lebih tinggi sebelum pensiun, dan biasanya mereka membawa lebih banyak pengalaman kepada jajaran eksekutif. Selain itu, sistem ini juga dapat meningkatkan loyalitas pekerja kepada perusahaan.

Kekurangan dari sistem ini adalah tidak memungkinkannya penggabungan karyawan baru dengan karyawan senior. Meskipun karyawan baru tersebut sangat berbakat, karyawan itu tidak akan digabungkan dengan karyawan lama yang telah berpengalaman. Karyawan yang memiliki keahlian khusus tidak akan dipromosikan ke jajaran eksekutif yang telah dipenuhi karyawan senior. Sistem ini juga tidak menjamin atau bahkan menempatkan “orang yang tepat pada pekerjaan yang tepat.”

Jika tertarik untuk mendaftar sekolah bahasa di Jepang, MIS dapat membantu segala prosedurnya. Silakan hubungi melalui website https://mislanguageschool.com atau datang langsung ke MIS.