Tips Agar Tidak Terjebak Bekerja Perusahaan gelap atau Black Company

Ditulis oleh: Administrator, 06-04-2018

Karena upah yang diterima tinggi, tak sedikit orang asing yang ingin bekerja di Jepang baik hanya sekedar sebagai pegawai kerja paruh waktu, magang, bahkan ada yang menjadi pegawai tetap di perusahaan yang ada di negeri Sakura itu. Dan juga Jepang juga sering merekrut warga negara asing dari berbagai macam negara. Meskipun banyak pekerjaan yang ditawarkan dengan gaji yang tinggi, tidak boleh mudah tergiur dan langsung menerima tawaran tersebut begitu saja karena mungkin saja perusahaan tersebut adalah perusahaan gelap atau di Jepang biasa dikenal dengan istilah Burakku Kigyou (ブラック企業).

            Secara luas Burakku Kigyou berarti perusahaan atau bisnis yang memiliki hubungan dengan kelompok penjahat, namun sekarang dikenal dengan perusahaan yang mempekerjakan pegawainya melewati batas jam kerja normal dengan gaji yang kecil dan sering terjadi power harassment dan sexual harassment di perusahaan tersebut.

 

Lalu, apa yang harus diperhatikan supaya tidak terjebak oleh perusahaan gelap? Hal-hal penting yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

  1. Jam kerja

Perusahaan gelap tidak pernah menyebutkan atau menuliskan jam kerjanya dengan jelas, sekalipun tertulis kemungkinan jam tersebut ada jam lainnya yang tertulis secara tersembunyi.

Untuk memastikan jam kerja perusahaan tersebut dapat menanyakan kepada mantan pegawai melalui internet atau dapat memastikan dari kondisi pegawai yang ada di sana. Poin pentingnya adalah keadaan meja yang kotor dan tak pernah dibersihkan dan juga saat pegawainya tidak pernah memiliki waktu untuk pulang.

         2. Upah

Begitu juga dengan upah, tidak jelas dan beberapa bagian disembunyikan. Memang, upah awal masuk di perusahaan tidak begitu tinggi dibandingkan yang sudah bekerja lama di sana, tetapi yang penting adalah apakah dibayar tidaknya upah bekerja lembur. Cara menghitung upah lembur di Jepang dapat dilihat pada website berikut: https://roudou-pro.com/columns/14/ (JP Only)

        3. Penampilan pegawai

Penampilan pegawai merupakan cerminan dari perusahaan, maka sangat penting untuk memastikan kondisi dan penampilan pegawai dari suatu perusahaan. Contohnya, pegawai terlihat kelelahan, berpenampilan acak-acakkan kemungkinan besar itu adalah perusahaan gelap.

Selalu membuka lowongan pekerjaan

Perusahaan gelap tidak pernah berhenti untuk membuka lowongan pekerjaan, oleh karena itu sering-seringlah mengecek halaman pencari dan majalah lowongan pekerjaan. Jika nama suatu perusahaan selalu ada, maka kemungkinan besar perusahaan tersebut adalah perusahaan gelap.

Source:

https://minnkane.com/news/4602#part-43b4d3bf3587d9e4 (JP)

https://roudou-pro.com/columns/57/#content_11 (JP)

https://biz-note.jp/about-black-company/ (JP

Jika tertarik untuk mendaftar sekolah bahasa di Jepang, MIS dapat membantu segala prosedurnya. Silakan hubungi melalui website https://mislanguageschool.com atau datang langsung ke MIS.